Sabtu, 11 April 2009

MENGENAL KECOA

Kecoa mempunyai tiga tahapan dalam siklus hidupnya, yaitu telur, nympha, dan dewasa. Telur-telur tersebut disimpan dalam suatu kantung telur yang dinamakan ootheca. Kecoa merupakan serangga yang aktif pada malam hari. Kecoa biasanya menyukai tempat yang gelap, hangat, lembab, dan umumnya hidup di sekitar dapur, kamar mandi, atau basement.

Kecoa dapat mengkontaminasi makanan dan menularkan penyakit-penyakit yang serius, seperti gastroenteritis, keracunan makanan dan diare; bahkan akhir-akhir ini terdapat studi yang menghubungkan kecoa dengan penyakit asma.

Jenis jenis kecoa yang umumnya ditemukan di rumah atau di bangunan gedung adalah:

1. Kecoa Jerman (Blatella germanica). Ukuran panjang tubuh sekitar 12 – 15 mm; berwarna coklat muda dengan 2 garis hitam diatas pronotumnya. Terutama menginfestasi area yang dekat dengan makanan, lembab, dan hangat; kebanyakan ditemukan di sekitar dapur dan gudang.

2. Kecoa Amerika (Periplaneta americana): Ukuran panjang tubuh sekitar 35 – 40 mm; warna tubuh coklat kemerahan dengan tanda terang pada pronotum-nya. Biasanya ditemukan pada area persiapan makanan, makan hampir semua jenis makanan; menyukai tempat yang hangat, lembab; sangat agresif.

3. Kecoa Timur (Blatta orientalis): Ukuran panjang tubuh sekitar 20 – 25 mm, warna tubuh coklat gelap. Seringkali masuk ke dalam rumah melalui saluran pembuangan; cenderung hidup pada area dekat tanah yang hangat dan lembab; juga sering dikenal sebagai kumbang air atau kumbang hitam; memberikan bau yang tidak enak.

1 komentar:

Anda pengunjung ke